Cara Memilih Pisau Jagal Paling Tajam Dengan Mudah

Untuk memilih pisau jagal paling tajam, harus disesuaikan dengan jenis hewan yang akan dipotong. Jenis hewan akan menentukan ukuran yang digunakan sehingga bisa melakukan pekerjaan secara maksimal. Misalkan pisau yang digunakan untuk ayam tentu saja akan berbeda dengan pisau yang digunakan untuk kambing. Selain itu, cara memotong juga akan mempengaruhi ukuran pisau yang dibutuhkan. Memotong dengan cara menebas akan memerlukan pisau yang berbeda dengan pisau yang digunakan dengan cara menyayat.

pisau jagal paling tajam
Baca Juga : Pisau Rambo

Ada beberapa merek ternama yang bisa kita gunakan sebagai referensi untuk membeli pisau jagal paling tajam. Namun demikian terkadang pisau yang dibuat oleh pandai besi lokal juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan pisau popular dari dalam maupun luar negeri yang banyak beredar. Merek ternama seperti Victorinox, Tramontina, T Kardin, atau Krisbow mungkin sering Anda dengar bisa memberikan kualitas pisau jagal paling tajam yang baik. Namun demikian, Anda bisa memilih pisau sesuai dengan karakter dan cara penggunaan sehingga bisa digunakan dengan baik.

Cara memotong menggunakan pisau jagal paling tajam bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu disayat atau ditebas. Karena itu, Anda bisa memilih cara yang sesuai menurut Anda, dan sering digunakan. Bila menggunakan cara disayat, Anda akan memerlukan pisau yang tipis namun kaku, panjang maksimal pisau dari ujung mata pisau hingga ujung gagang adalah sepanjang lengan bawah. Bila Anda menggunakan lebih panjang, kemungkinan tekanan yang terjadi saat memotong bisa menurun sehingga mungkin akan melakukan lebih dari satu tarikan dalam menyayat. 

Bila Anda melakukan pemotongan dengan cara menebas, maka Anda bisa menggunakan pisau jagal paling tajam yang berukuran lebih panjang. Untuk menebas, agar bisa maksimal, Anda bisa menggunakan pisau yang lebih tebal agar saat menebas memiliki kecepatan dan momentum yang lebih besar sehingga akan membantu pemotongan terjadi dalam sekali tebas. Di Indonesia, kegiatan memotong hewan terkadang dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan sesuai keyakinan, karena itu lakukan cara yang tepat dalam memotong.
Untuk memilih pisau jagal paling tajam, kita bisa melihat bahan yang digunakan untuk membuat pisau tersebut. Biasanya, bahan yang digunakan untuk pisau jagal adalah bahan yang terbuat dari stainless steel dan bahan baja karbon. Bila kita membeli produk impor, biasanya telah ada spesifikasi yang tercantum pada label yang tertera pada pisau. Bila menggunakan produk lokal non label, Anda bisa menggunakan istilah besi putih atau pisau dengan bahan cakram untuk bahan stainless dan pisau bahan per untuk baja karbon.

Bila Anda ragu dengan pilihan yang Anda buat, Anda bisa menanyakan kepada penjual dan memilih pisau yang mereka rekomendasikan. Namun demikian, Anda harus sebaiknya Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Agar pisau jagal paling tajam yang Anda miliki tetap dalam kondisi prima, sebaiknya jangan digunakan untuk keperluan lain, seperti memotong kayu atau bamboo, atau jangan juga digunakan sebagai pisau dapur. Sehingga akan terjaga ketajaman dan kualitas pisau tetap terjaga dengan baik.