Seni Ukiran Gagang Pisau Etnik Yang Unik

Bagi Anda kolektor atau penggemar pisau tentu menginginkan pisau yang memiliki estetik yang tinggi untuk dimiliki. Estetika yang dipancarkan oleh sebilah pisau, tidak hanya pada ketajaman dan bentuk saja, namun juga menyeluruh dari ujung mata pisau hingga keindahan gagang pisau yang serasi. Diamati dari ukuran, bentuk ataupun warna, pisau yang memiliki estetika yang tinggi akan mencirikan fungsi dan keindahan. Demikian juga dengan ukiran gagang pisau yang ada. Sedapat mungkin bisa menyempurnakan tampilan yang ada.

Motif Ukiran Gagang Pisau

Ukiran gagang pisau memiliki motif yang sangat beragam yang bisa kita lihat pada pisau yang ada di pasaran. Namun demikian, biasanya motif yang umum digunakan adalah figure makhluk kuat yang banyak dikenal, misalnya makhluk mitos seperti naga, atau binatang seperti elang, harimau, singa, dan lainnya. Namun demikian, ada beberapa orang yang memahat sesuai dengan keinginan sehingga memiliki kekhasan tersendiri. Membuat motif ukiran gagang pisau harus dilakukan dengan perhitungan yang matang agar tetap nyaman saat digunakan.
Ukiran Gagang Pisau
Baca Juga : Pisau Belati Unik

Jenis ukiran gagang pisau biasanya dibagi menjadi dua, yaitu ukiran sebagian atau ukiran menyeluruh. Ukiran gagang pisau sebagian biasanya hanya bagian pangkal saja mengeluarkan karakter tertentu, misalkan kepala naga, kepala burung, kepala tengkorak, dan lain sebagainya. Ukiran menyeluruh merupakan ukiran yang meliputi semua gagang pisau. Pada ukiran menyeluruh biasanya terdapat motif etnik tertentu, misalkan Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan lainnya. Yang masing-masing pulau biasanya memiliki kekhasan yang berbeda antara satu tempat, dengan tempat lainya.

Dimana Bisa Memahat Ukiran Gagang Pisau?

Tidak semua seniman pahat bisa memahat gagang pisau dengan tepat. Ukiran gagang pisau pada dasarnya sama dengan ukiran lainya. Namun demikian, karena gagang memiliki fungsi handling untuk mengendalikan pisau, maka kenyamanan perlu diperhatikan. Jangan sampai motif yang dipahatkan bersifat tajam dan membuat telapak tangan pengguna cedera. Anda bisa berkonsultasi kepada pengrajin atau penjual pisau langganan Anda untuk hasil yang rapi dan aman. Anda juga bisa memahat sesuai dengan jenis bahan untuk membuat ukiran gagang pisau.

Variasi ukiran gagang pisau sangatlah banyak, salah satu penyebabnya adalah bahan dasar gagang yang beraneka ragam. Beberapa tempat bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan gagang atau sekedar mengukir gagang pisau yang Anda miliki. Misalkan bila menggunakan bahan dasar tanduk, maka Anda harus mendatangi pengrajin tanduk untuk mendapatkan ukiran. Karena cara membuat ukiran gagang pisau berbahan tanduk berbeda dengan bahan kayu. Beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar gagang, yaitu perak, aluminium, gading, dan lain sebagainya.

Agar lebih aman untuk bahan dasar ukiran gagang pisau, bila menggunakan bahan dasar yang mengharuskan legalitas, seperti gading, dan emas Anda harus jeli untuk mengetahui asal bahan yang digunakan. Jangan sampai bahan dasar yang digunakan berasal dari bahan hasil kejahatan yang melanggar undang-undang. Pastikan Anda untuk menanyakan kepada pengrajin atau toko langganan Anda agar koleksi yang Anda miliki selain memiliki nilai estetika yang tinggi dan eksklusif, juga memiliki legalitas yang terjamin.
Previous Post
First