Cara Mengasah Pisau Baja Yang Praktis dan Aman

Cara mengasah pisau baja bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan jenis baja yang digunakan untuk membuat pisau. Bila kita mengasah dengan bahan yang salah, kita bisa merusak pisau yang kita asah. Kerusakan yang terjadi biasanya terjadi pada beberapa tempat, misalkan pada sisi tajam mata pisau baja bisa pecah atau pada bilah pisau meninggalkan bekas goresan yang merusak kecantikan pisau baja yang Anda miliki. Selain itu, cara mengasah yang salah bisa menyebabkan terjadinya cedera yang cukup fatal pada pengasah itu sendiri.

Cara Mengasah Pisau Baja
Cara Mengasah Pisau Jagal tajam dan efektip

  • Cara Mengasah Pisau Baja Stainless Steel

Pisau baja dengan bahan stainless steel memiliki tampilan mengkilap yang rapi, bila kita salah dalam teknik mengasah pisau baja, maka akan menimbulkan goresan pada pisau. Goresan yang timbul karena kesalahan mengasah akan membuat tampilan pisau yang ada menjadi kurang indah. Karena itu, kita harus menggunakan alat yang tepat. Kita bisa melakukan cara mengasah pisau baja dengan menggunakan besi yang lunak dan halus berbentuk bulat. Misalkan besi pada as roda motor atau yang sejenisnya. Permukaan harus rata dan halus agar tidak merusak pisau saat diasah.
Cara mengasah pisau baja dengan menggunakan besi bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Yaitu hanya dengan mengasah mata pisau saja. Condongkan pisau pada posisi miring 150 hingga 300 pada besi kemudian tarik satu arah secara berulang-ulang. Gunakan cara yang sama pada kedua sisi. Bila terdapat goresan, kita bisa merapikannya dengan menggunakan gerinda flannel, pastikan gerinda yang digunakan untuk mengasah berjalan searah dengan alur asli yang ada pada pisau. Hal ini dilakukan agar kontur asli tetap terjaga.
  • Cara Mengasah Pisau Baja Berbahan Baja Karbon

Cara mengasah pisau baja berbahan bahan baja karbon bisa dilakukan sama dengan cara mengasah pisau berbahan stainless steel. Namun demikian agar lebih efektif, kita bisa mengasah menggunakan batu asahan dengan menggunakan air. Batu asahan yang digunakan bisa dibeli di toko besi langganan Anda. Anda bisa menggunakan batu asahan pabrikan yang memiliki tekstur kasar dan halus. Tekstur kasar digunakan untuk mengikis karat dan meratakan permukaan yang bergerigi, sementara tekstur halus untuk melakukan finishing agar ketajaman bisa lebih sempurna.
Alat mengasah pisau baja yang sesuai akan menjaga kualitas pisau dan ketajamannya. Karena itu Anda harus teliti dalam penggunaan asahan. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan cara yang berbeda dengan cara di atas. Anda bisa terus melakukan cara yang sama, karena cara yang paling sering digunakan adalah cara mengasah pisau baja yang paling aman dan praktis. Beberapa bahan biasanya juga digunakan sebagai alat untuk mengasah, seperti kulit, ampelas, dan alat lainnya. Anda bisa melakukan konsultasi kepada toko langganan Anda.