Makna Lirik Lagu Pisau Bamato Angin Asli Tanah Minang

Orang Minang pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu yang satu ini. Lagu dengan judul Pisau Bamato Angin ini termasuk salah satu lagu dengan lirik yang cukup menyedihkan. Lirik lagu Pisau Bamato Angin asli tanah Minang merupakan salah satu lirik lagu patah hati yang cukup menyedihkan. Tidak hanya itu, jika Anda pertama kali mendengarnya tanpa melihat liriknya pasti berkesimpulan bahwa lagu ini merupakan lagu sedih. Hal ini benar adanya, lirik dan musik instrumen yang digunakan memang sangat mendayu khas Minang.

Pakaian adat Minang Kabau
Lagu dan Tari adat Minang

Lagu Minang Pisau Bamato Angin ini merupakan ciptaan dari Dasri Syahira yang merupakan salah satu penyair yang cukup terkenal di tanah Minang. Tidak hanya lagu Pisau Bamato Angin saja, Dasri Syahira juga sudah cukup banyak menciptakan lagu-lagu Minang mengenai cinta. Lirik lagu pisau bamato angin ini termasuk lirik dan lagu yang cukup terkenal dan menjadi salah satu lagu favorit orang Melayu. Kata pisau bermata angin yang digunakan dalam lagu ini penuh dengan makna yang cukup mendalam.

Baca Juga : Kab. Pulau Pisang

Lagu Pisau Bamato Angin Berisi Ungkapan Hati yang Merana

Pisau bermata angin yang digunakan dalam lirik lagu pisau bamato angin ini digunakan untuk mengungkapkan betapa tajamnya sebuah pisau yang memutuskan tali cinta dan membuat hati menjadi merana. Kata pisau bamato angin ini ada pada bait kedua lagu ini, dalam bait kedua dikatakan bahwa pisau bermata angin inilah yang memutuskan cinta dan sayang seorang sepasang kekasih yang sudah menjalin rasa sejak lama. Ungkapan pisau bermata angin ini mengisyaratkan orang tua pasangan yang ikut campur dalam hubungan.

Makna pisau bermata angin dalam lirik lagu pisau bamato angin ini terlihat pada bait kedua dari lagu ini. Secara keseluruhan lagu Minang ini mengisahkan sebuah kisah pilu seorang pemuda yang putus cinta dengan sang pujaan hatinya. Pisahnya jalinan cinta sang pemuda ini dikarenakan oleh orang tua gadis yang ikut campur dalam hubungannya. Dalam lirik lagu ini dikisahkan bahwa orang tua gadis merasa ragu dengan masa depan sang pria sehingga mengharuskan gadis memutuskan jalinan kasihnya dengan sang pemuda.

Jika diamati, pisau bamato angin Dasri Syahira ini cukup mudah untuk ditangkap maknanya. Hal ini dikarenakan dalam lirik lagu ini tidak terlalu banyak menggunakan pepatah khas Minang yang sarat akan makna. Walaupun demikian, dalam lagu Minang ini tetap menggunakan ungkapan khas Melayu yang menggambarkan rasa sakit hati sang pemuda diputuskan cintanya oleh sang gadis karena tidak direstui oleh orang tuanya.

Lagu lirik lagu pisau bamato angin ini juga menggambarkan perasaan pemuda yang walaupun sedang sakit hati tetap tersenyum dan bernyanyi. Makna dari lagu ini memang cukup mendalam jika diamati dan diresapi. Betapa restu orang tua memang sangat penting dalam sebuah hubungan asmara. Selain itu, ada makna tersendiri dalam lagu ini yaitu walaupun hati sedang sedih tapi wajah harus tetap tersenyum.
Previous Post
Next Post