Pisau Raut Bambu dan Kreasi Tanpa Batas

Pisau raut bambu adalah sebuah alat yang berfungsi untuk meraut bambu agar dapat berbentuk bulat. Cara kerja alat peraut bambu ini sungguh sederhana, tetapi alat yang sederhana ini dapat menghasilkan beragam benda-benda dari bambu dengan hasil yang sangat baik. Bambu yang bentuknya besar bulat dan keras tersebut, dapat disulap menjadi aneka benda-benda konsumtif dengan pisau raut bambu ini, seperti supit mie, tusuk sate, jeruji sangkar, dan lain-lain.

Pisau raut bambu kreasi
Pisau Raut Bambu sederhana tapi multifungsi
Baca Juga : Pisau Lipat

Manfaat Pisau Raut Bambu

Pisau raut bambu atau disebut pula pisau serut bambu saat ini tengah banyak dicari masyarakat. Sebab, masyarakat dapat membuat aneka benda-benda bulat dari bambu tanpa harus membelinya. Saat ini, alat peraut ini sudah banyak dijual baik di pasar offline maupun online. Untuk masalah bahan, pisau raut bambu tersedia dengan berbagai bahan, ada yang berbahan baja tebal ataupun masih alat serut bambu tradisional.

Pisau serut bambu ini memiliki tiga alat, yaitu pisau raut, pangkonan dan pisau jeruji. Adapun pisau raut berfungsi untuk membuat bambu menjadi lebih rapi sebelum bambu dimasukkan ke dalam pangkonan. Selain membuat bambu lebih rapi, pisau raut berfungsi juga untuk memperuncing ujung bambu. Setelah bambu rapi, bambu dimasukkan ke dalam pangkonan. Pangkonan adalah alat untuk memperkuat agar pisau jeruji tidak bergerak saat dimasuki bambu. Sedangkan untuk membuat bambu bulat, adalah tugas dari pisau jeruji.

Kelebihan Pisau Raut Bambu

Tidak seperti benda yang terbuat dari baja lainnya, pisau raut bambu tidak perlu diasah setiap kali akan digunakan. Ketika kita menggunakan mata pisau ini, secara otomatis mata pisau akan mengasah sendiri ketika bergesekan dengan bambu. Bagi mata pisau yang terbuat dari kikir besi, bahkan bila semakin sering digunakan mata pisau tersebut akan semakin tajam dengan sendirinya. Selama mata pisaunya tidak sompel, pisau serut bambu ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Hasil yang dihasilkan dari pisau raut bambu juga sangat bagus dan halus, bahkan tidak kalah dengan buatan pabrik. Hanya saja, ketika baru pertama kali pemakaian, pastikan lubang pisau terbebas dari residu besi, sebab pisau serut bambu yang baru dibeli biasanya masih tertempel residu sisa pembakaran. Bila ingin berkreasi lebih, bahkan saat ini sudah tersedia mata pisau jeruji yang tidak hanya berbentuk bulat. Anda bisa memesan pisau jeruji dengan mata pisau berbentuk segitiga, oval, kotak, dan bentuk-bentuk lainnya.

Oleh karenanya, pisau ini sangat digemari masyarakat. Bila Anda berminat untuk memiliki pisau keren ini, ada banyak ukuran yang bisa dipilih. Ada mata pisau jeruji berukuran 1.5 mm, 1.8 mm, 2.2 mm hingga 8.0 mm, tergantung kebutuhan Anda. Adapun pisau raut bambu ini sangat praktis, mudah dan murah. Sangat cocok digunakan untuk membuat benda-benda dari bambu seperti kerangka layang-layang, tusuk sate, bahkan dupa hio.
Previous Post
Next Post