Sistem Baru Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah LPSE Kab Pulang Pisau

LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik sekarang ini sudah menyebar penggunaannya diseluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Pulang Pisau. LPSE Kab Pulang Pisau sudah aktif sejak beberapa tahun yang lalu. Keberadaan LPSE ini merupakan hal yang wajib dimiliki oleh instansi pemerintahan sejak keputusan presiden dibuat sejak tahun 2011. Adanya LPSE ini diharapkan bisa menekan angka korupsi para pejabat pemerintahan dalam hal penyelenggaraan barang dan jasa daerahnya masing-masing. Selain itu, dengan LPSE juga sangat memudahkan kinerja pemerintah.

LPSE Kab Pulang Pisau
Tampilan Website 2016

Baca Juga : Pisau Jagal

Penggunaan LPSE Kab Pulang Pisau mempunyai dasar hukum yang kuat dan memang kewajiban setiap instansi daerah untuk menggunakannya. Jika LPSE ini diwajibkan untuk seluruh instansi pemerintahan di seluruh Indonesia maka secara otomatis seluruh Kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah sudah menggunakannya. Sistem LPSE Kalteng secara keseluruhan sudah bersinergi dan saling terkait sehingga memudahkan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk melakukan pengadaan barang dan jasa setiap tahunnya.

Fungsi LPSE Kab Pulang Pisau

Setelah mengetahui betapa pentingnya LPSE Kab Pulang Pisau, tentunya keberadaan LPSE ini mempunyai fungsi khusus dalam memberikan pelayanan. Na, berikut ini fungsi utama dari LPSE:
  • Sebagai pengelola E-Procurement

LPSE mempunyai fungsi khusus dan fungsi utama sebagai penyedia serta pengelola proses E-procurement atau proses penyediaan barang dan jasa. Jadi, sekarang ini semua proses penyediaan barang dan jasa pemerintah dikelola oleh LPSE.
  • Sebagai pelatih PPK
PPK atau Panitia dan Penyedia Keperluan merupakan perusahaan yang terpilih untuk menyediakan barang atau jasa instansi. Nah, pihak LPSE inilah yang memberikan pelatihan terhadap PPK dalam proses pendaftaran sampai pengumumannya. LPSE juga mempunyai fungsi sebagai pusat data pengumuman semua proyek yang akan diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Menyediakan sarana internet untuk PPK

Fungsi LPSE Kab Pulang Pisau dan LPSE pada umumnya yang selanjutnya adalah memberikan sarana berupa akses internet PPK. Jadi, kewajiban menyediakan internet untuk proses E-procument adalah pihak LPSE.
  • Melakukan verifikasi dan pendaftaran PPK
Fungsi terakhir dari LPSE adalah sebagai pihak yang melakukan pendaftaran serta verifikasi terhadap calon-calon PPK. Pihak instansi pemerintahan terkait tidak turut andil dalam pendaftaran serta verifikasi ini. Hal ini dikarenakan semua pendaftaran dan verifikasi dilakukan oleh LPSE secara online.
Dari penjelasan fungsi LPSE Kabupaten Pulang Pisau ini terlihat jelas bahwa pemerintah sudah memberikan sistem online yang terpadu dalam penyelenggaraan dan pengadaan barang serta jasa kebutuhan pemerintah setiap tahunnya. Diharapkan dengan adanya LPSE ini dapat mengurangi korupsi yang terjadi pada dana APBD dan APBN pemerintahan Indonesia. LPSE Kab Pulang Pisau dan kabupaten yang ada diseluruh Indonesia ini memang sudah terbukti sangat efektif untuk memberantas korupsi dana. Dengan adanya LPSE dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan dalam hal penyelenggaraan kebutuhan masyarakat.
Previous Post
Next Post