Cara Membuat Ukiran Gagang Pisau Kayu yang Unik

Pisau merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk memotong sesuatu dari mulai bahan yang lunak hingga agak keras. Sebenarnya tidak hanya untuk memotong akan tetapi pisau juga akan memiliki fungsi estetika bila memiliki ukiran di bagian pegangannya. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat ukiran pada gagang pisau antara lain seperti alat ukir untuk kayu dengan berbagai ukuran, pisau, kayu, amplas, bambu, serta potongan besi yang bulat. Pembuatan gagang pisau kayu dengan ukiran yang unik bisa dikatakan sederhana karena hanya menggunakan alat-alat tradisional.
gagang pisau kayu
Baca Juga : Pisau Komando

Proses pembuatan gagang pisau kayu dengan alat yang sederhana tersebut dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Nah, untuk langkah pertama siapkan peralatan dan bahan-bahannya terlebih dahulu. Langkah kedua, ambillah kayu yang akan dibuat sebagai gagang pisau dan kemudian potonglah menggunakan pisau dengan hati-hati dan tentunya perhatikan bentuknya juga agar sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. 

Apabila pegangan pisau telah sedikit terbentuk, maka proses selanjutnya adalah proses pengukiran gagang pisau kayu. Hal tersebut sebaiknya dilakukan dengan cara yang hati-hati agar gagang pisau tersebut tidak patah pada saat dilakukan pengukiran. Pengukiran gagang pisau dapat dilakukan dengan cara menggoreskan pisau secara pelan sehingga menghasilkan karya yang rapi dan bernilai seni tinggi.

Setelah pengukiran selesai, maka Anda dapat memberi hulu pegangan agar dapat menyatu dengan sarung pisau. Selain itu akan membuat sarung pisau tidak mudah terlepas sehingga tidak mudah jatuh. Nah, biasanya sarung pisau juga diukir dengan ukiran yang senada dengan pegangannya, hal ini akan menimbulkan estetika dan karya seni tersendiri.

Cara pemasangan hulu juga harus diperhatikan agar hasilnya bagus, sebaiknya dilakukan pemotongan pada ujung hulu sesuai dengan ketebalan besi sebelum memasukkan besi ke hulu pisau. Pemotongan tersebut berfungsi agar saat Anda memegang hulu pisau akan aman karena tangan tidak akan terkena langsung dengan permukaan besi. Bila hal tersebut dilaksanakan, maka tidak akan ada besi yang muncul sebab kedalaman besinya telah sama dengan ukuran permukaan hulu. Dengan demikian tangan Anda tidak akan lecet saat memegangnya dan tentunya lebih mudah.

Pengukiran dan pemasangan hulu telah dilakukan dengan baik, maka saatnya Anda untuk memoles atau menggosok dengan amplas sehingga seluruh permukaan kayu dapat halus dan juga rapi. Pemolesan sebaiknya dilakukan dengan perlahan menggunakan bilah bambu karena bila di lakukan dengan asal maka bisa merusak ukirannya. Selain itu, pengamplasan juga akan menguntungkan pemegang pisau karena akan lebih nyaman dan tidak ada lagi bagian yang akan menggores luka pada tangan. Itulah sedikit ulasan tentang cara membuat ukiran gagang pisau kayu yang unik, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
Previous Post
Next Post