Cara Menyepuh Pisau yang Baik agar Tahan Lama

Sebagian besar tiap rumah pasti memiliki alat potong dapur yang bernama pisau. Hal ini disebabkan oleh kegunaannya yang begitu dibutuhkan, misalnya untuk memotong sayuran saat memasak dan kebutuhan yang lainnya. Namun sebagian orang juga menggunakannya untuk nilai keindahan. Sebenarnya, sudah sejak zaman dahulu, alat tersebut dipakai dan dipergunakan untuk berburu hingga berperang. Lalu, bagaimana cara menyepuh pisau yang baik agar bisa tahan lama dan tetap tajam? Berikut kami rangkumkan informasinya untuk anda.

cara menyepuh
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Menyepuh merupakan proses untuk mengeraskan baja supaya kuat dan tajam. Proses penyepuhan dilakukan karena untuk menghindari unsur carbon pada pisau tidak akan lepas ke udara dan juga mempertahankan komposisi carbon yang sama dan tepat pada baja pisau. Sebaiknya proses penyepuhan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan sebab bila proses penyepuhannya salah, malah akan menjadikan baja pada pisau tersebut dapat rapuh dan bisa berkarat. Adapun di suatu daerah tertentu menyepuh atau "nitik" berati memperbaiki mata pisau maupun golok yang gompel terkena benda keras semacam paku, bisa juga tulang sewaktu pisau jagal dipergunakan untuk menyembelih hewan.

Ada beberapa cara untuk menyepuh pisau agar tahan lama diantaranya seperti menyepuh dengan menggunakan gedebog pisang, angin, oli dan juga air. Bila Anda menginginkan pisau yang hasilnya lurus maka gunakanlah bahan seperuhan dari kedebog pisang dan angin. Akan tetapi bila menginginkan pisau tersebut tidak cepat menipis maka sebaiknya memakai media oli dan air.
Perlu Anda ketahui bahwa setiap pisau memiliki keadaan besi yang tidak sama. 
Hal ini dikarenakan ada campuran unsur lain yang tiap jenis pisau juga berbeda-beda. Oleh sebab itu para pandai besi yang tentunya sudah ahli dalam menyepuh memiliki cara tersendiri dan khusus dalam menyepuh tentunya dengan mengikuti karakter besi ataupun baja pada pisau. 

Cara menyepuh pisau yang baik yaitu dapat dilakukan dengan membakar besi atau baja pisau terlebih dahulu, lalu dicelupkan pada air atau dengan bahan-bahan tertentu pada besi misalnya memakai air biasa atau minyak. Namun kebanyakan yang disepuh menggunakan air akan bisa mengakibatkan besi malah makin rapuh dan hanya untuk pisau-pisau tertentu yang bisa cocok disepuh menggunakan air secara langsung.

Nah, apabila Anda ingin menyepuh pisau untuk menyembelih, maka pakailah minyak dalam proses penyepuhannya. Karena hasil dari penyepuhannya tersebut akan lebih kuat saat memotong benda atau objek yang keras misalnya seperti daging, kayu, tulang, dan lain sebagainya. Cara penyepuhan dengan memakai minyak sangat mudah. Setelah besi pada pisau ditempa dan dibakar dapat dicelupkan secara menyeluruh ke dalam minyak.

Demikian ulasan tentang cara menyepuh pisau yang baik yang bisa kami sampaikan. Proses penyepuhan memang singkat dan tidak terlalu memakan waktu, akan tetapi sebaiknya Anda perlu mengetahui keadaan besi agar bisa mendapatkan hasil sepuhan yang memuaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan hasil sepuhan yang bagus.