Jual Pisau Carving Buah Untuk Garnish Yang Bernilai Seni Tinggi

Seni mengukir buah atau fruit carving telah lama dikenal di Thailand, Jepang serta Tiongkok. Seni mengukir buah dan sayuran memang mampu menghasilkan hasil karya seni yang bernilai tinggi. Keindahannya tidak kalah dengan ukiran yang terbuat dari batu ataupun kayu. Untuk menghasilkan fruit carving, diperlukan beberapa jenis peralatan, seperti pisau carving. Di Indonesia sendiri sudah bisa kita jumpai pedagang yang jual pisau carving buah

pisau fruit carving
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Hasil dari seni carving buah dan sayuran banyak digunakan untuk menghiasi berbagai jenis masakan yang disajikan pada acara-acara penting. Misalnya saja untuk pernikahan, jamuan di hotel-hotel serta restoran besar. Garnish yang dihasilkan dari seni ukur ini umumnya memiliki berbagai bentuk, sesuai dengan imajinasi senimannya. Ada yang berbentuk bunga, dedaunan, patung, boneka dan masih banyak lagi. Untuk membuat hasil karya seni tersebut, dibutuhkan pisau carving set yang khusus untuk mengukir buah. 

Pisau Untuk Mengukir Buah Dan sayur

Untuk membuat fruit carving, kita bisa menggunakan berbagai jenis buah dan sayuran. Diantaranya adalah semangka, mentimun, melon, tomat, wortel, jeruk dan masih banyak lagi. Untuk menghasilkan ukiran buah yang bernilai seni tinggi dibutuhkan daya imajinasi, ketelatenan, keahlian dan jiwa seni. Beberapa peralatan juga dibutuhkan, seperti berbagai jenis pisau, cutter, zester, tusuk gigi hingga talenan. Agar proses pengukiran buah lebih mudah, sebaiknya digunakan pisau khusus yang dibeli di tempat jual pisau carving buah.

Agar buah atau sayuran yang diukur warnanya tidak berubah, maka pisau dapur, pisau kupas maupun pisau khusus carving yang digunakan, sebaiknya terbuat dari bahan yang anti karat. Bahan terbaik yang bisa dipilih adalah perunggu atau stainless steel yang kualitasnya bagus. Contohnya adalah pisau carving Thailand. Memang, sebagai negara yang serius mengembangkan seni ukir buah, Thailand juga memproduksi pisau carving yang sangat berkualitas. 

Pisau carving buah umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Panjang mata pisaunya hanya 5 hingga 10 cm saja. Tetapi pisau ini harus memiliki pegangan yang nyaman dan cukup panjang. Ada pisau carving yang memiliki ujung bengkok dan digunakan untuk menghasilkan sebuah guratan melengkung. Ada juga pisau yang bentuknya menyerupai pahatan. Pisau ini akan sesuai untuk membuat kelopak bunga. Sedangkan pisau yang ujungnya runcing serta panjang akan sangat cocok untuk menghasilkan guratan yang kecil. 

Pedagang yang jual pisau carving buah, umumnya menjual pisau-pisau tersebut dalam satu set. Tiap-tiap set bisa berisi 7 hingga 15 jenis pisau. Ukuran dan bentuk mata pisaunya bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Saat akan membuat curving buah, kita bisa memilih pisau mana yang paling sesuai. Dengan pisau yang tepat, terawat dan tajam, maka garnish yang dihasilkan pun bisa memiliki nilai seni yang tinggi.
Previous Post
Next Post