Jual Pisau Potong HPL Untuk Finishing Interior Ruang

HPL merupakan singkatan dari High Pressure Laminate. HPL kini lebih disukai daripada plywood maupun kayu untuk interior ruang. Hal ini dikarenakan HPL memiliki penampilan dan kualitas yang bagus, serta ketersediaannya yang konsisten. Seiring dengan meningkatnya trend desain yang minimalis, penggunaan HPL juga semakin tinggi. Untuk bisa mengaplikasikannya, beberapa peralatan dibutuhkan, seperti mesin atau pisau untuk memotongnya. Selain pisau yang dibeli di tempat jual pisau potong HPL, ketrampilan untuk memotongnya pun harus dimiliki. 

mata potong hpl
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Kegunaan Dan Keunggulan HPL

High Pressure Laminate adalah jenis material yang banyak digunakan sebagai finishing interior ruangan. HPL umumnya terbuat dari decorative paper, kraft paper, resin dan penolin. Ketebalan bahan ini berkisar antara 0,6 hingga 1 mm. Desain, warna maupun teksturnya sangat bervariasi. Lapisan ini dapat digunakan sebagai finishing dari sebuah kayu solid yang akan digunakan untuk interior. Agar penampilannya lebih menarik dan rapi, perlu digunakan juga edging HPL

Beberapa bagian interior ruangan yang bisa menggunakan HPL adalah berbagai jenis furniture rumah ataupun kantor seperti lemari, locker, top table serta kitchen set. HPL juga bisa diaplikasikan pada partisi toilet, wall cladding ataupun colom cover. Sebuah toko juga akan terlihat lebih menarik jika chasa ataupun show case yang dipajang dilapisi dengan HPL. Karena sifatnya yang tahan panas dan mudah dibersihkan, HPL juga bisa diaplikasikan pada meja laboratorium dan interior lab lainnya. 

Penggunaan HPL memang sangat luas. Hal ini dikarenakan HPL memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah tahan gores, panas dan awet. Material ini juga tersedia dengan berbagai pilihan motif yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Produk yang mudah untuk dibersihkan ini juga tersedia dalam jumlah yang sangat banyak dan selalu siap kapanpun dibutuhkan. Proses pemasangan HPL sangatlah praktis serta cepat. Kita hanya memerlukan pisau atau mesin pemotong HPL, lem dan alat press. 

Cara Memotong HPL Dengan Pisau Atau Cutter HPL

Saat akan memasang HPL, terkadang perlu dilakukan pemotongan agar sesuai dengan kebutuhan. Pemotongan ini bisa menggunakan mesin khusus. Jika tidak ada, maka kita bisa mendatangi tempat jual pisau potong HPL untuk membeli alat potong yang dibutuhkan. Pisau ataupun Cutter HPL yang akan digunakan untuk memotong dapat dibeli per-item ataupun dalam jumlah banyak. Harganya berkisar antara Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,-. 

Agar bisa memotong HPL dengan baik, ujung pisau atau cutter digoreskan dengan tekanan yang ringan lebih dahulu pada permukaan yang akan dipotong. Lakukan hal ini satu atau dua kali secara perlahan dan rapi. Setelah permukaan mulai putus, lakukan pemotongan dengan tekanan lebih besar dan dalam. Setelah itu HPL bisa dipatahkan. Tempat jual pisau potong HPL akan menawarkan cutter yang cukup kuat untuk memotong permukaan tersebut.
Previous Post
Next Post