Ketajaman Pisau Belati Papua yang Melegenda

Pisau belati papua merupakan jenis pisau berburu yang memiliki ketajaman yang tidak bisa diremehkan. Pisau ini merupakan salah satu pisau legendaris yang dimiliki suku Papua. Papua yang saat ini bernama Provinsi Papua Barat memiliki suku yang mendiami daerah sekitar Papua yang gemar berpindah-pindah tempat tinggal. Yang mana mereka memiliki beragam tradisi dan senjata khas yang ditinggalkan. Salah satunya adalah pisau belati khas papua ini.

belati papua
Baca Juga : Pisau Sembelih Paling Tajam

Legenda Pisau Belati Papua

Salah satu hal yang menjadi keunikan tersendiri dari pisau belati adalah bahan dasarnya yang terbuat dari tulang burung kasuari. Selain berbahan dasar tulang kasuari, pisau belati juga sering menggunakan bahan bambu alami. Pisau belati terbuat dari tulang kaki dari burung kasuari dan bambu yang memiliki ujung yang sedikit runcing, serta ganggang yang dihiasi menggunakan aneka bulu kasuari yang cantik.

Seperti suku terdahulu kebanyakan, kebiasaan berburu tidak bisa dilepaskan dari tradisi mereka. Karena dengan memburu binatang, sumber makanan suku Papua ini bisa terpenuhi. Didalam berburu sendiri, mereka memerlukan beberapa senjata tradisional yang digunakan untuk berburu binatang maupun bertahan dari serangan dari suku lain. Salah satu senjata tradional tersebut adalah pisau belati ini.

Daftar Nama Senjata Perburuan Khas Papua Selain Pisau Belati

Nah, apakah Anda tahu bahwa selain senjata tradisional ini, ada beberapa senjata tradisional lain yang digunakan untuk berburu dan juga digunakan untuk mempertahankan diri dari berbagai serangan yang ditimbulkan dari suku pengganggu. Kali ini kita akan membahas senjata lain selain pisau belati ini untuk berburu suku Papua. Berikut ulasannya.
  • Busur dan Panah

Busur dan juga panah dikenal sebagai senjata paling utama yang berasal dari suku dari Papua. Senjata ini umumnya sering digunakan sebagai senjata saat berburu dan juga berperang. Busur umumnya merupakan senjata yang terbuat dari bambu dan bisa juga kayu. Sedangkan tali busur berbahan dasar dari rotan. Selain itu, anak panahnya berbahan dasar dari kayu dan ada juga yang berbahan dari tulang kanguru.
  • Tombak

Selain pisau belati Papua, senjata tradisional yang banyak digunakan untuk berburu adalah tombak. Tombak khas yang berasal dari Papua ini memiliki bahan pembuatan dari berbagai bahan alam seperti kayu yang dibalut dengan beberapa bongkahan batu. Tombak yang ada di Papua ini sendiri memiliki dua variasi. Yaitu tombak yang memiliki satu mata dan tombak yang memiliki dua mata.
Demikian senjata selain pisau belati Papua yang sering digunakan oleh masyarakat suku papua secara turun-temurun. Saat ini budaya berburu ini masih tertanam kuat dibenak pikiran suku Papua ini. Sehingga tidak mengherankan apabila berkunjung ke Papua, Anda akan menemukan masih banyak masyarakat yang berburu dengan menggunakan senjata tradisional ini. Demikian info ini dan terima kasih telah berkunjung.
Previous Post
Next Post