Menariknya Bentuk Pisau Raut Betawi

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya. Beraneka ragam budaya Indonesia diiringi dengan beraneka ragam bahasa daerah, tarian daerah, nyanyian daerah, senjata khas daerah, maupun makanan tradisional dari setiap daerah yang berbeda-beda. Salah satu hal yang menarik untuk dibahas adalah senjata tradisional dari masing-masing daerah di Indonesia. Seperti halnya dengan pisau raut Betawi yang merupakan senjata tradisional dari Betawi. Masyarakat Betawi memiliki senjata ini yang masih dilestarikan hingga sekarang. Pernahkah Anda melihat desain dari pisau raut?

pisau raut
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Jika Anda membayangkan pisau raut khas Betawi adalah pisau yang digunakan untuk menyembelih maupun untuk melakukan peperangan, Anda salah. Pisau raut bukanlah sebuah senjata untuk menyembelih hewan, untuk memotong sayuran di dapur, atau pun pisau untuk melakukan peperangan. Pisau ini digunakan sebagai pelengkap busana pengantin dari masyarakat Betawi yang akan melangsungkan pernikahan, khususnya untuk busana pria. Bentuk dari pisau ini sangat menarik sehingga memang sangatlah pas digunakan sebagai pelengkap busana pengantin pria Betawi. Akankah Anda menggunakannya juga? 

Bagaimana Bentuk Pisau Raut Khas Betawi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pisau raut merupakan salah satu senjata dengan desain yang menarik yang nantinya akan disematkan pada busana pengantin pria Betawi sebagai aksesoris yang cantik dan menawan. Pisau ini memiliki bentuk hampir seperti badik. Namun ciri khas dari pisau raut ini adalah mata pisaunya yang berada pada sebelah atas. Dalam istilah lain, banyak masyarakat yang menyebut senjata ini dengan istilah badi-badi. Pernahkah Anda mendengar jenis senjata tradisional badi-badi? Jika iya, itu merupakan hal yang sama dengan pisau raut.

Pisau raut betawi antinya akan disematkan pada baju pengantin pria. Tepatnya diletakkan pada bagian tengah baju. Supaya pemasangannya tidak lepas dari baju, pisau ini nantinya akan ditahan dengan menggunakan ikat pinggang yang dikenakan oleh pengantin pria. Nantinya, terdapat hiasan berupa bunga-bunga melati yang di ronce dan dipasang di ikat pinggang dan pisau raut supaya penampilannya lebih menarik dan memikat banyak orang. Untuk cara pemasangan yang tepat bisa Anda cari di internet tentang cara menggunakan pisau raut untuk busana pengantin Betawi.

Nah, jika Anda adalah seorang yang berasal dari Betawi asli, maka janganlah lupa untuk menggunakan pisau raut kebanggaan Betawi dalam acara pernikahan. Menggunakan pisau ini akan membuat pengantin terlihat semakin mengesankan. Itulah sekilas penjelasan mengenai pisau raut Betawi dan penggunaannya. Anda bisa mencari make up artist dan busana pengantin untuk busana pengantin yang menyediakan pisau raut sebagai aksesorisnya supaya di hari pernikahan yang paling dinantikan mendapatkan penampilan yang maksimal dan sesuai dengan harapan Anda. Selamat memilih.
Previous Post
Next Post