Model Pisau Belati, Fungsi dan Jenisnya

Bermacam jenis pisau saat ini telah beredar di pasaran sesuai dengan fungsi dan kegunaan. Salah satu model pisau yang bisa kita kenali adalah model pisau belati. Istilah pisau belati sudah jarang disebutkan akhir-akhir ini karena kurang populer di kalangan anak muda. Bila Anda lahir di era 1980-an atau awal 1990 mungkin masih mengenal istilah ini dengan baik. Pisau belati akan sangat erat dengan pramuka yang menggunakan jenis pisau ini, meskipun hanya untuk hiasan.

model pisau belati
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Belati merupakan pisau yang lekat dengan label pengguna yang memilikinya. Label yang ada bisa berupa profesi maupun organisasi tertentu. Namun demikian, pisau jenis ini juga dinamai berdasarkan ukuran pisau tersebut. Ada yang beranggapan. Semua pisau genggam yang bukan pisau dapur bisa disebut dengan istilah pisau belati. Karena itulah, ukuran pisau ini menjadi salah satu acuan yang digunakan sebagi kriteria pisau belati tersebut. 

Jenis pisau belati secara umum bisa dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pisau dengan mata tunggal dan pisau bermata ganda. Untuk pisau bermata tunggal akan memiliki bentuk dan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan yang bermata ganda. Pisau ini biasanya akan digunakan untuk melakukan sayatan atau tebasan sehingga memiliki berat yang cukup untuk aktivitas tersebut. Pisau jenis ini terkadang juga difungsikan sebagai pisau untuk berburu karena bentuk dan ukurannya yang pas.

Untuk jenis pisau yang bermata dua, akan memiliki fungsi utama yaitu menusuk. Ukuran pisau ini lebih ramping dari pada pisau yang menggunakan satu mata. Hal ini untuk memudahkan dalam fungsi menusuk yang dimiliki. Meskipun demikian, fungsi pisau belati jenis ini juga bisa digunakan untuk menebas dan menyayat, namun tidak memberikan efek yang optimal. Untuk itu, pilihan bentuk pisau akan sangat penting agar kita mendapatkan hasil yang optimal dalam penggunaan.

Selain dari jumlah mata pada pisau yang menentukan fungsi pisau tersebut, model pisau belati juga akan dikenali dari gagang yang digunakan pada jenis pisau ini. Biasanya pada gagang pisau akan terdapat kepala gagang dengan simbol tertentu sebagai identitas pisau. Identitas ini bisa berupa cap atau ukiran dengan bentuk atau simbol tertentu. Misalkan simbol yang biasa digunakan adalah simbol kepala burung tertentu yang melambangkan sebuah perkumpulan tertentu.

Kualitas pisau belati yang biasa dijumpai akan terlihat dari bahan yang digunakan oleh pisau tersebut. Kualitas yang ada akan terlihat dari bahan yang digunakan untuk membuat bilah pisau yang tersedia. Model pisau belati mainan yang dipakai anak-anak biasanya akan terbuat dari bahan besi biasa dengan kualitas yang rendah. Sedangkan untuk pisau yang fungsional akan terbuat dari bahan baja berkualitas medium ataupun tinggi sesuai dengan fungsi yang dimiliki.
Previous Post
Next Post