Murahkah Biaya Vasektomi Tanpa Pisau di Indonesia?

Vasektomi merupakan cara untuk menghentikan produksi sperma pada pria dengan cara memotong saluran yang menghasilkan sperma. Dengan dilakukannya vasektomi ini maka pria sudah tidak bisa menghasilkan sperma lagi atau dengan kata lain tidak bisa memiliki keturunan. Ada dua cara untuk melakukan vasektomi, yaitu dengan melakukan pembedahan menggunakan pisau dan tanpa menggunakan pisau. Biaya vasektomi tanpa pisau ini memang lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan pisau, hal ini dikarenakan vasektomi tanpa menggunakan pisau harus menggunakan alat khusus.

vasektomi tanpa pisau
Baca Juga : Kondisi Lpse Pulang Pisau Terkini

Efek Samping dan Keuntungan Dari Vasektomi Untuk Pria

Sebelum membahas mengenai biaya vasektomi tanpa pisau, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja efek samping dan bahaya dari melakukan vasektomi. Banyak yang mengira bahwa vasektomi sama dengan kebiri, padahal vasektomi dan kebiri adalah dua hal yang sangat berbeda. Dalam vasektomi yang diputus hanya saluran spermanya saja sedangkan saluran yang lainnya masih tetap berfungsi dengan normal. Dengan demikian pria yang melakukan vasektomi tetap bisa ejakulasi. Hanya saja, pada saat ejakulasi cairan yang dihasilkan tidak mengandung sperma.

Sebenarnya, bahaya vasektomi bagi pria tidak ada, bahkan efek samping dari melakukan vasektomi ini hanya rasa nyeri yang hanya berlangsung beberapa hari. Rasa nyeri ini diakibatkan adanya tindakan anestesi pada saat melakukan vasektomi. Melakukan vasektomi tanpa pisau sangat disarankan bagi pria yang sudah tidak ingin mempunyai keturunan lagi. Dengan melakukan vasektomi tanpa menggunakan pisau banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pria. Berikut ini beberapa keuntungan melakukan vasektomi tanpa pisau:
  • Tidak ada pembengkakan

Keuntungan yang paling utama dalam melakukan vasektomi tanpa pisau adalah tidak ada pembengkakan. Pembengkakan ini biasanya terjadi setelah operasi vasektomi dengan menggunakan pisau. Jadi, dengan vasektomi tanpa pisau pria tidak akan mengalami pembengkakan setelah operasi.
  • Kerusakan jaringan hanya sedikit

Selain itu, kerusakan jaringan yang disebabkan oleh operasi vasektomi tanpa pisau ini juga lebih sedikit dibandingkan yang menggunakan pisau.
  • Tidak ada jahitan

Keuntungan lainnya dari vasektomi tanpa pisau adalah tidak ada bekas jahitan yang bisa mengganggu penampilan organ vital Anda. Hal ini dikarenakan operasi vasektomi tanpa pisau bekasnya akan langsung hilang dalam beberapa hari saja.
  • Proses bisa dilihat secara langsung oleh pasien

Bagi pria yang ingin memastikan jika vasektomi dilakukan dengan benar, maka dengan cara vasektomi tanpa pisau ini Anda bisa langsung melihat proses pemutusan atau pengikatan jaringan sperma.
Cukup banyak bukan keuntungan vasektomi pria tanpa menggunakan pisau ini? Namun, biaya vasektomi tanpa pisau ini memang lebih mahal dibandingkan vasektomi biasa. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa dalam melakukan vasektomi tanpa menggunakan pisau ini membutuhkan alat khusus. Walaupun mahal, namun proses vasektomi tanpa menggunakan pisau ini tergolong sangat cepat. Untuk melakukan vasektomi tanpa pisau hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit saja.