Teknik Cara Mengasah Pisau Stenlis Steel Dengan Mangkuk Atau Piring

Pisau stenlis steel merupakan salah satu pisau yang mempunyai ketajaman tinggi. Hal ini dikarenakan bahan stenlis steel merupakan salah satu bahan terbaik untuk membuat bilah pisau agar tajam. Biasanya pisau berbahan stenlis steel digunakan dalam kegiatan memasak. Namun pisau dengan stenlis steel ini harus sering diasah harus tetap tajam. Cara mengasah pisau stenlis ini berbeda dengan pisau yang terbuat dari baja, hal ini dikarenakan salah dalam mengasah pisau stenlis steel bisa membuat pisau menjadi tumpul dan tidak bisa digunakan lagi.

Cara mengasah pisau stenlis
Baca Juga : Pisau Sembelih Paling Tajam

Pengasah pisau stainless steel bisa menggunakan batu pengasah ataupun menggunakan bahan yang terbuat dari besi ataupun keramik. Salah satu cara untuk mengasah pisau stenlis steel yang sangat mudah, yaitu dengan menggunakan mangkuk atau piring. Bagian mangkuk atau piring yang digunakan untuk mengasah pisau ini adalah bagian pantat mangkuk. Untuk lebih jelasnya, berikut ini teknik cara mengasah pisau stenlis steel dengan menggunakan mangkuk ataupun piring:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengasah pisau stenlis steel dengan menggunakan mangkuk atau piring adalah menyediakan mangkuk atau piring yang dibuat dari bahan keramik. Pisau dengan bahan stenlis steel ini akan lebih tajam jika diasah dengan menggunakan piring keramik dengan warna yang tidak mengkilap.
  • Selanjutnya yaitu balikkan mangkuk atau piring sehingga yang ada pada bagian atas adalah bagian bawah mangkuk.
  • Setelah itu, pastikan jika bagian bawah mangkuk sudah tidak tertutup dengan cat mengkilap piring. Hal ini dikarenakan bagian yang dibutuhkan untuk mengasah pisau ini adalah bagian keramiknya.
  • Cara mengasah pisau yg benar selanjutnya dengan menggunakan mangkuk atau piring ini adalah menentukan sudut kemiringan pisau. Agar pisau cepat tajam, maka sangat disarankan untuk memiringkan pisau dengan sudut sekitar 20 sampai dengan 30 derajat. Pisau yang terlalu miring ataupun kurang miring bisa membuat pisau menjadi tumpul. Oleh karena itu, pastikan jika kemiringan pisau pada saat mengasah sudah tepat.
  • Kemudian asah pisau dengan cara menggerakkannya searah. Misalnya jika pisau diasah dengan arah ke dalam, maka harus diarahkan ke dalam terus. Begitu juga jika diasah ke arah luar maka harus ke arah luar. Namun untuk pisau stenlis steel disarankan untuk mengasah dengan arah ke dalam agar cepat tajam.
  • Setelah selesai diasah segera cuci pisau agar terhindar dari bekas keramik yang mungkin terkelupas pada saat mengasah pisau. Hindari untuk memberi air pada saat melakukan proses pengasahan pisau stenlis steel.
Selain menggunakan bagian pantat piring ataupun mangkuk, Anda juga bisa mengasah pisau stenlis steel dengan menggunakan batu pengasah ataupun pengasah baja. Cara mengasah pisau stenlis steel dengan menggunakan batu pengasah ini sama dengan cara mengasah dengan menggunakan mangkuk ataupun piring. Hanya saja, pastikan pisau yang sudah diasah harus segera dicuci dengan air mengalir agar serpihan batu pengasah bisa langsung hilang dari pisau.
Previous Post
Next Post